Insiden Diplomatik


Portugal diganggu oleh serbuan benda-benda terbang yang tak dapat dijelaskan jenisnya, terjadi pada bulan Agustus dan September 1977. Seorang diplomat senior Inggris adalah seorang dari sekian banyak yang melaporkan kejadian yang dilihatnya itu.

Tanda-tanda itu mulai ketika berpuluh-puluh penduduk kota Viano de Castelo mengeluh bahwa mereka melihat sebuah pesawat terbang asing di angkasa pada malam hari. Kemudian seorang nelayan di pelabuhan Portimao, seorang yang sudah biasa mengenali bintang-bintang di langit mulai menyadari adanya sinar terang yang asing di tempat yang biasanya tak ada bintang sama sekali. Akhirnya 12 orang anggota pemadam kebakaran di kota Guarda, dalam perjalanan pulang dari suatu tugas, melaporkan pula tentang dilihatnya suatu benda bersinar yang aneh berputar-putar di angkasa.


Pada bulan September, seorang petugas dari Inggris untuk daerah Algarve, D.M. Armstrong berwaspada. Seorang wanita Inggris dari kota Alvor menelepon, mengatakan bahwa ia dan suaminya mendengar suara mendengung dan melihat suatu benda melayang di angkasa diatas rumah mereka.


Pro-consul itu mengambil teropongnya untuk melihat dan meneliti langit diatas Alvor, 6 km dari tempat itu. Dengan jelas dilihatnya sebuah benda bersinar berwarna merah, putih dan hijau diperkirakan tingginya 25-30 derajat di atas cakrawala.


Pada bulan Januari, Armstrong  menulis sepucuk surat kepada Lord Clancarty, seorang pengamat UFO di London, yang mencoba melakukan penyelidikan resmi terhadap venda-benda terbang.


Ia melaporkan perkenalannya yang pertama dengan sebuah UFO, dan menambahkan: ''Kemudian saya dapat melihat sedikitnya sebuah dan kadang-kadang empat setiap malam, sampai pertengahan bulan November ketika udara memburuk dan hampir terus-menerus tertutup awan.


''Pada suatu ketika saya menyaksikan dua buah benda di atas laut. Kedua-duanya terlihat dalam satu pandangan ketika satu diantaranya tiba-tiba saja bergerak meninggi dengan cepat ke angkasa.
Saya memandangnya terus karena ingin mengetahui, dan beberapa menit kemudian yang kedua pun mengikuti jejak yang pertama.


''Hasilnya selalu sama, satu benda yang bergerak cepat memancarkan sinar merah, hijau, putih di sekelilingnya, bentuknya kebulat-bulatan. Namun saya tak pernah melihatnya pada siang hari, hanya pada waktu malam.''


Diplomat itu menambahkan: ''Bayangkan, saya dicemohkan oleh kenalan-kenalan saya, tetapi sewaktu mereka datang untuk makan malam, saya ingin membuktikan kebenarannya dan mengajak mereka ke taman dengan teropong saya. Tiap orang kemudian mengakui bahwa terdapat 'sesuatu yang tidak biasa' di sana. Ejekan pun berhe ti dengan segera.''


Kedutaan Portugis di London tak dapat memberikan penerangan apapun tentang penglihatan-penglihatan itu. Tetapi kemudian mereka mengakui adanya suatu 'insiden' yang melibatkan sebuah perusahaan penerbangan Portugis. Penerbangnya mengirimkan berita radio bahwa ia mendengar suatu bunyi seperti kumbang yang ditimbulkan oleh suatu benda berputar yang tak menyerupai pesawat terbang yang pernah dilihatnya.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda