Semua Generator Macet


Karena perang di Vietnam maka tentara Amerika sudah terbiasa dengan hal-hal tak terduga selama tahun-tahun peperangan yang panjang itu. Tetapi pada tanggal 19 Juni 1966 penduduk kampung Nha Trang yang jumlahnya 40.000 orang benar-benar menjadi sangat terkejut dan itu datangnya dari angkasa.

Beratus-ratus orang berada di udara terbuka untuk menonton bioskop karena baru saja didatangkan proyektor film baru ketika tiba-tiba cahaya terang muncul dimana-mana. Sersan Wayne Dalrymple melukiskan dalam suratnya tentang apa yang terjadi selanjutnya kepada kedua orang tuanya. ''Mula-mula ia bergerak perlahan sekali, kemudian sangat cepat. Menurut pilot jet disini tingginya kira-kira 800 meter di atas permukaan tanah.
''Kemudian terjadilah kepanikan. Benda itu jatuh diatas kami dan berhenti kira-kira 100 meter sampai 200 meter diatas kepala. Lembah dan gunung-gunung di sekitarnya terlihat seperti siang hari. Semuanya menjadi terang.
''Kemudian benda itu naik lagi langsung ke angkasa sampai titik terlihat lagi dalam 2 atau 3 detik. Yang benar-benar mengagetkan adalah waktu ia berhenti tadi, generator kami berhenti dan listrik mati, di lapangan terbang kira-kira 1 km dari sini, semua generator berhenti dan dua pesawat terbang yang akan berangkat berhenti mesinnya.
''Tak ada mobil, truk dan pesawat terbang yang bergerak selama kira-kira empat menit. Ada 4 buldoser pembuat jalan di bukit berhenti pula mesinnya, dan lampunya pun padam. Sebuah pesawat terbang besar berisi peluru datang dari Washington pada petang harinya untuk menyelidiki.''
Dalrymple memeriksa alat-alat yang memakai diesel dan generator, ternyata tidak terdapat kerusakan apapun. Kemudian diketahui pula adanya sebuah tanker dari perusahaan minyak Shell yang ditambat di pelabuhannya, juga kehilangan tenaganya pada saat itu, tanpa diketahui sebab musababnya.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda